... lalu sarungku melorot....

Berbicara tentang sarung, berarti berbicara tentang hal yang memalukan. Memalukan jika sarung yang kita pakai sebagai bawahan mukena (untuk wanita) melorot tiba-tiba ketika kita sedang khusyuk menikmati ibadah solat kita. Sarung yang dimaksud adalah sarung yang benar-benar sarung, tanpa ada karet di bagian pinggangnya sehingga untuk menempelkan di tubuh kita diperlukan keahlian mengikat (mengunci) sarung tersebut dengan mantap. Mantap adalah kata yang tepat untuk menggambarkan sekuat apa sarung tersebut harus diikat! Tepat sekali sehingga kata itu terus terngiang-ngiang di telinga setiap orang sebelum orang tersebut menunaikan ibadah solatnya, terlebih-lebih bagi saya pribadi setelah kasus ini saya alami.

Contoh beberapa sarung merk "Atlas"..


Dalam sebuah ceramah (saya lupa pastinya ceramah di tipi atau di masjid), Ustad yang terlihat meyakinkan itu berkata kurang lebih demikian,

"Sebelum solat, persiapkan diri kita sebaik mungkin, jangan sampai di tengah-tengah solat ada yang mengganggu kita. Seperti sarung yang tiba-tiba melorotlah gara-gara kurang kencang ikatannya sehingga di tenga-tengah solat kita disibukkan untuk mengikat sarung tersebut. Kan merusak konsentrasi solat kita, apalagi kita sedang berhadapan langsung dengan Allah. Masya Allah.."


Spontan saya teringat kejadian beberapa tahun silam, semasa saya SD kalo ga salah. Ketika itu, saya, Nyokap, dan Kakak saya sedang solat taraweh di Masjid Pondok Duta. Pada rakaat kesekian, setelah bangun dari sujud, Nyokap saya tiba-tiba sibuk membetulkan sarungnya yang ternyata oh ternyata MELOROT !!! Kontan saya dan Kakak saya yang berada tepat di sebelah nyokap senyam-senyum sendirian. Buyarlah konsentrasi kami berdua...

Tahun demi tahun berlalu,,dan sampailah pada 2008 ini. Pada awal bulan Ramadhan kali ini, kebetulan saya lebih sering taraweh di Masjid Pondok Duta sendirian. Nyokap lagi Haid terus Kakak kuliah malam terus, ya jadilah saya taraweh tanpa ditemani orang rumah. Karena suatu hal, saya memberanikan diri untuk meminjam sarung sama Nyokap saya. Dengan niatan kalo solat pake sarung, kaki akan tertutup semua, sehingga solat akan nyaman. Diberikanlah sebuah sarung berwarna biru kotak-kotak, sambil nyokap berkata,

" Niy sarung bekas alm. Kakek Kramat Jati lho"


Wow,,terdengar keren jika bisa memakai sarung bekas orang yang kita hormati dan kagumi!!

Sehari berlalu, taraweh dengan menggunakan sarung pun berjalan dengan lancar. Tidak dipungkiri kalo terkadang saya membayangkan sarung yang saya pakai ini melorot tiba-tiba. tapi alhamdulillah semua baik-baik saja. Hingga malam itu tiba..

Malam itu, sebelum solat taraweh dimulai, dengan keyakinan yang mantap saya mengikat sarung itu dengan kuat. Cara memakai sarung yang benar ajaran Nyokap saya tersayang udah gw praktekan. Pokoknya siiip lah..
Pada rakaat ketiga Solat taraweh, tepatnya setelah bangun dari sujud, saya merasakan "Koq sarung saya longgar ya? Jangan-jangan.....
Apa yang saya khawatirkan benar-benar terjadi lalu melorotlah sarungku ....

Dengan kesigapan yang luar biasa, saya ga membiarkan diri saya dipermalukan di depan orang yang sedang khusyuk solat taraweh. Saya peganglah sarung tersebut erat-erat, gimana caranya biar tuh sarung ga melorot sampe bawah!!! saya selipin pinggiran sarung ke celana gw lah, saya curi-curi waktu buat naekin tuh sarung, dan segala macam cara lainnya saya lakonin biar tuh sarung ga melorot sampe bawah!!!
Alhasil,,konsentrasi saya dalam solat itu buyar meleber kemana-mana,,pikiran saya cuma satu SARUNG !!!

Ternyata bener apa kata tuh Ustad,,kita memang harus persiapkan diri kita sebaik mungkin sebelum melaksanakan solat. Pesan-pesan itu akan selalu terbayang dalam benak saya!

Ga akan saya lupakan!

Dan akan saya turunkan pesan tersebut ke anak cucu saya!

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket